Monday, February 2, 2009

Kokologi

Setelah bongkar2 arsip message di friendster, akhirnya yang aku cari ketemu juga.
Beberapa waktu lalu, aku pernah ngepost buletin di friendster yang isinya:

> > 95% cocok banget. Bukan sulap bukan sihir deh. Coba deh.
> >
> >
> > _____
> >
> > HARAP DICOBA ( PASTI KAGET DECH N CUCOK BANGET!!!)
> >
> >
> >
> > Guys.....u must try this.tapi
> > kalian bener2 jangan ngeliat jawabannya di
> > bawah ya...loe ikutin aja instruksi2nya, dijamin
> > deh bakal kaget loe liat hasilnya, gue aja masih
> > terheran2 dan geleng2 kepala......tapi mikirnya
> > jangan lama2, apa yang ada di hati loe aja
> > tapi bukan berarti asal2an loooohh.....enjoy....
> >
> > Psikotest ini diambil dari email internet,
> > diterjemahkan oleh orang tersebut dari bahasa
> > asalnya Japanese. Anda akan menemukan hasil
> > yang sangat mengejutkan. Orang yang
> > memikirkan
> > game ini, konon sesudah membaca mail ini,
> > harapannya dapat terkabul. Pasti anda akan
> > terkejut melihat hasilnya.!!!
> > Cuma janji dulu, JANGAN MEMBACA JAWABAN
> > DIBAWAHNYA TERLEBIH DAHULU.
> > ISI DULU INSTRUKSI YANG DIMINTA.
> > BACA SATU PARAGRAF DEMI SATU
> > PARAGRAF.
> > Pertama-tama siapkan bolpen dan kertas.
> > Waktu memilih nama, anda harus memilih orang
> > yang anda kenal. Jangan terlalu banyak mikir,
> > tulislah apa yang ada di kepala anda.
> >
> > INGAT : Maju satu paragraf per paragraf.
> > Kalau anda membaca kelanjutannya, Permohonan
> > anda tidak akan terkabul.
> > 1.. Pertama-tama tulis angka 1 sampai sebelas di
> > kertas anda secara vertikal (atas ke bawah)
> >
> > 2.. Tulis angka yang paling kamu senang (antara1-
> > 11) disebelah angka No.1 dan 2
> >
> > 3.. Tulis 2 nama orang (lawan jenis) yang kamu
> > kenal, masing-masing di No.3 dan No.7
> >
> > 4.. Tulis 3 nama orang yang kamu kenal di No.4, 5,
> > dan 6. Disini kamu boleh menulis nama orang di
> > keluarga, teman, kenalan. Siapapun OK. Cuma
> > harus yang kamu kenal
> >
> > 5.. Di no.8, 9, 10 dan 11 kamu tulis nama judul
> > lagu yang berbeda-beda
> >
> > 6.. Terakhir, tulis kamu punya permohonan.(Kamu
> > minta permohonan)
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> > NAH......... dibawah ini ada jawaban dari psikotest-
> > nya mudah-mudahan cocok jawabannya.
> > 1.. Anda harus memberitahu ke orang yang anda
> > tulis di No. 7 tentang psi kotest ini.
> > 2.. Orang yang anda tulis di No.3 adalah orang
> > yang kamu cintai.
> > 3.. Orang yang anda tulis di No.7 adalah orang
> > yang kamu suka, tetapi bertepuk sebelah tangan.
> > 4.. Orang yang anda tulis di No.4 adalah orang
> > yang anda rasa paling penting bagi anda.
> > 5.. Orang yang anda tulis di No.5 adalah orang
> > yang paling mengerti tentang anda.
> > 6.. Orang yang anda tulis di No. 6 adalah orang
> > yang membawa keberuntungan pada anda.
> > 7.. Lagu yang anda tulis di no. 8 adalah lagu yang
> > ditujukan untuk orang No.3
> > 8.. Lagu yang anda tulis di no.9 adalah lagu yang
> > ditujukan untuk orangNo.7
> > 9.. Lagu yang anda tulis di no.10 adalah lagu yang
> > melukiskan apa yang ada di hati anda.
> > 10.. Terakhir, lagu yang anda tulis di No.11 adalah
> > lagu yang melukiskan hidup anda.
> >
> > BAGAIMANA APAKAH CUKUP
> > JITU ??????
> > Anda harus mengirimkan email ini ke 10
> > orang dalam waktu 1 jam. Dengan begitu,
> > permohonan anda akan dikabulkan. Kalau anda
> > tidak mengirimkannya, niscaya permohonan anda
> > akan terjadi yang sebaliknya



Tuh message dikirim dari temanku Liana waktu SMA dulu. Iseng-iseng aja sih ngepost tuh kuis di bulbo. Tapi tak disangka, tuh kuis menimbulkan kontroversi (lebai). Banyak komentar tentang tuh kuis yang masuk ke inbox friendster. Ada yang bilang "cocok banget ma aku". Ada juga yang kasih komen yang agak pedas kayak " Emang pSikotesny dr TUHAN apa? Yg bsa ngaBulin pRmOhoNan ya cuma Allah. Bukan bulbo koNyol kyk gni."
Ya memang sih, kuis itu bukan dari TUhan, apalagi mengabulkan keinginan seseorang. Tujuanku masang tuh kuis di bulbo kan cuma buat iseng2 aja, kayak permainan gitu.
Tapi ada satu komentar dari Nurul-san (senpai) yang isinya "tuh psikotes namanya kokology. tp lebai deh ah kalo g d repost bakal trjd yg sblkx. prasaan q dah bc buku psikotest ky gt n g q repost jg q msh bæk2 aj kok. tp up 2 u lah. kl qt menyugesti dr qt bakal trjd hal2 yg tdk dignkn mk hal yg tdk dignkn nscy trjd. bgtu pl sblkx. jd trgntg bgmn qt menyikapi stiap pmkrn qt."
Gara2 komentar dari Nurul-san itu, aku jadi penasaran sama yang namanya kokologi.


kokologi berasal dari kata kokoro yang artinya pikiran,semangat,perasaan, dan kata logia yang artinya ilmu. Jadi kokologi adalah ilmu yang mendalami dan mengembangkan pikiran. kokologi berawal dari permainan kuis psikologi paling populer di Jepang dan sekarang menjadi metode psikotes terbaru yang menyebar luas di amerika, australia, asia, dan seluruh dunia. Kuis tersebut dirancang unutk menyingkap emosi dan sifat tingkah laku seseorang,istilah populer untuk tingkah laku manusia atau respon situasional.
Dan katanya, kokologi adalah cerminan dari hati kita. Masa' sih? Coba aja. di bawah ini udah aku cariin contoh tes kokologi selain yang di atas tadi.
Ikutan main juga ah,,,,
Selamat mencoba...!


I

1. Di suatu hari yang cerah, kamu sedang berjalan kaki ke suatu daerah yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya dan terkagum-kagum melihat sebuah rumah di seberangnya. Tapi, kenapa ya pintu depannya setengah terbuka?

A. Jangan-jangan rumah itu dirampok!

B. Wah, pemiliknya lupa mengunci pintu tuh!

C. Paling pemilik rumahnya ada di dalam, sedang menyapu pintu masuk


2. Sebuah cangkir keramik putih polos siap kita hias dengan lapisan cat warna biru. Pola seperti apa yang akan kamu pilih?

A. Garis-garis

B. Bulat-bulat

C. Garis berombak

D. Kotak-kotak seperti papan catur


3. Kita sedang membayangkan diri kita memakai parasut dan sedang menikmati detik demi detik melayang turun di angkasa. Pemandangan seperti apa yang kamu lihat dari atas sana?

A. Hamparan padang rumput berhias bunga-bunga cantik

B. Dari kiri ke kanan, yang terlihat cuma tumpukan berbatu

C. Wow, ada binatang liar super ganas yang sudah siap menyambut kita dengan mulut terbuka!

D. Sebuah sungai yang mengalir…


4. Saat tersesat di hutan seharian, dan kelaparan, apa yang kamu lakukan ketika menemukan sebuah rumah yang terbuat dari permen?

A. Mulai makan apa saja yang terlihat di depan mata

B. Wajib mencoba sebanyak mungkin permen yang ada

C. Begitu menemukan permen kesukaan, baru kita mengisi perut dan tidak tertarik menjamah permen lain.

D. Gawat, kita gak suka permen dan lebih suka keripik kentang!


Siap dengan jawaban kamu???

Jawaban:

1. Membayangkan kenapa sebuah pintu terbuka berhubungan dengan cara kita bereaksi terhadap keadaan darurat.

A. Menggambarkan orang yang tidak sempat panic karena sibuk mencari solusi

B. Orang yang sangat santai, bahkan dalam situasi genting

C. Orang yang walaupun terlihat santai tapi tidak pernah lengah.

2. Pola yang kita pilih menggambarkan hubungan kita dengan orang lain.


A. Garis-garis: bisa memecahkan masalah dengan cepat dan tajam, tumpuan harapan dalam kesulitan.

B. Bulat-bulat: menunjukkan kemampuan artistic bahkan eksentrik, sedikit aneh tapi sering memiliki jawaban unik untuk pemecahan masalah.

C. Garis berombak: punya segudang cinta untuk disebarkan pada semua orang di sekitarnya

D. Kotak papan catur: selalu tampak seperti punya waktu dan perhatian untuk dibagikan kepada semua orang sehingga melupakan masalah sendiri.


3. Pemandangan ini adalah bayangan tingkat optimisme dan pesimisme kita dalam hidup.

A. Menunjukkan tingginya rasa optimis

B. Menggambarkan sikap yang selalu waspada

C. Tidak pernah melewatkan kesempatan untuk tertawa bahkan saat ditimpa masalah.

D. Terlalu sibuk berpikir dan lebih memanfaatkan energi yang ada untuk bersiap menyambut apapun yang akan terjadi.


4. Reaksi kita pada rumah permen menunjukkan sikap kita dalam persahabatan.

A. Polos seperti anak kecil, sehingga mudah dimengerti dan diterima orang lain, walaupun gampang ditipu juga.

B. Tidak keberatan bertemu banyak orang, tapi belum tentu bersedia berhubungan lebih dalam dengan seseorang.

C. Membatasi diri, sudah cukup bila menemukan satu orang dengan minat dan selera yang sama.

D. Berusaha terlihat berbeda termasuk dalam memilih teman.



II

1.Suatu hari ada seekor burung tiba-tiba masuk kerumah kamu dan

terperangkap didalamnya, kamu pun berniat untuk memeliharanya, namun ada suatu keanehan yang terjadi pada burung tersebut. pada hari pertama warna burung tersebut berubah dari biru menjadi kuning, hari kedua berubah lagi dari kuning menjadi merah terang, hari ketiga berubah lagi menjadi hitam. dan coba pikirkan akan berubah menjadi warna apakah burung tersebut di hari berikutnya, coba pilih salah satu…..

1. Tetap Hitam.

2. kembali menjadi warna biru.

3. menjadi warna putih.

4. menjadi warna emas.


2.Bayangkan kamu ada disebuah dataran dengan langit yang begitu biru,

dan sekali lagi bayangkan sebuah tempat dimana kamu merasa nyaman dan tentram,

Pilih salah satu dari 4 tempat dibawah ini…

1. dataran yang dipenuhi salju putih.

2. lautan biru.

3. gunung yang hijau.

4. padang yang dipenuhi bungan bewarna kuning.


Jawaban

1)

1. Burung tetap bewarna Hitam.

Menggambarkan bahwa kamu adalah seorang yang memilik pandangan

yang pesimis.

Apakah kamu cenderung percaya bahwa sekali situasi menjadi buruk,

maka tidak akan kembali normal? mungkin kamu harus mencoba berpikir,

”jika situasi sudah sangat buruk, maka tidak akan berubah menjadi lebih buruk

lagi. ingatlah tidak ada hujan yang tak berhenti. dan tidak ada malam yang

terus gelap dimana tidak ada fajar”.


2. Burung berubah kembali menjadi biru.

Menggambarkan bahwa kamu adalah seorang yang Optimis. Kamu

percaya bahwa hidup adalah campuran dari baik dan buruk. tidak ada

gunanya melawan kenyataan. Kamu menerima kemalangan dengan tenang dan

membiarkan segala sesuatunya berjalan sesuai dengan jalur tanpa stres dan

kuatir. harapan ini membuat kamu menjalani gelombang kemalangan tanpa terhanyut

didalamnya.


3. Burung berubah menjadi Putih.

Mereka yang mengatakan bahwa burung akan berubah warna menjadi putih

adalah orang tenang dan tegas dibawah tekanan.

kamu tidak perlu menghabiskan waktu hanya untuk resah dan tidak

mengambil keputusan ketika krisis timbul. jika situasi memburuk, kamu merasa

lebih baik membuang kekalahan dan mencari cara baru mencapai sasaran daripada

berhenti dalam kesedihan yang tak perlu. pendekatan proaktif ini berarti segala

sesuatu secara alami berjalan dengan lancar.


4. Burung berubah menjadi warna Emas.

Meraka yang berkata burung akan berubah menjadi warna emas,adalah seseorang

yang tidakmemiliki rasa takut. Kamu tidakmengenal tekanan. bagimu, setiap

krisis adalah sebuah kesempatan. Kamu dapat

dibandingkan dengan Napoleon, yang berkata “…Mustahil : Kata itu

bukan bahasa perancis.” tapi berhati-hatilah untuk tidak membiarkan kepercayaan

diri yang tidak terbatas mengalahkanmu.

ada batas yang tipis antara tidak memiliki rasa takut dan membabi

buta.


2)

1. Dataran yang dipenuhi salju Putih.

kamu diberkati oleh sensitivitas khusus yang membuat kamu mengerti dengan

pandangan sekilas dan menguraikan masalah yang rumit tanpa membutuhkan bukti

atau penjelasan. Kamu memiliki kemampuan untuk membuat keputusan dan bahkan

menjadi seorang Visioner.

percayailah selalu intuisi kamu yang pertama, mereka akan menuntun

dengan baik.


2. Lautan Biru

KAmu memiliki bakat alami untuk hubungan antar pribadi.

orang-orang menghormati kemampuan anda berkomunikasi dengan orang

lain dan cara anda membantu bermacam-macam kelompok bersama-sama. hanya dengan

berada disana,kamu membantu orang lain bekerja dengan lebih lancar dan

efisien, membuat anda menjadi seorang anggota yang sangat berharga dalam suatu

proyek atau tim. Ketika anda berkata ” bagus. teruskan kerja kamu yang baik,”

orang-orang tahukamu mengatakan yang sebenarnya. jadi kata-kata itu sangat

berarti bagi mereka yang mendengarkannya.


3. Gunung Yang Hijau.

Bakat kamu adalah berkomunikasi yang ekspresif. Kamu selalu dapat menemukan

kata-kata untuk mengekspresikan apa yang dirasakan.

orang-orang segera menyadari itu juga sama persis dengan yang mereka

rasakan. mereka berkata bahwa berbagi kebahagiaan semakin menjadi

berlipat ganda, sementara berbagi duka membuat kita semakin terpisah. kamu

nampak selalu dapat menolong orang lain dan menemukan sisi yang benar dalam

komunikasi.


4. padang yang penuh dengan bunga berwarna Kuning.

kamu adalah sumber pengetahuan dan kreativitas, penuh dengan

gagasan dan potensi yang hampir tak terbatas. tetaplah menyesuaikan diri

terhadap perasaan orang lain dan jangan pernah berhenti membangun mimpi. tidak

ada apapun yang tidak bisa Kamu capai.




































No comments:

Post a Comment